Polri Bentuk Tim Usut 289 Rekening Mencurigakan Milik Panji Gumilang

Polri Bentuk Tim Usut 289 Rekening Mencurigakan Milik Panji Gumilang

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Ditemukan 289 rekening yang berkaitan dengan Panji Gumilang dan Ponpes Al Zaytun. 256 rekening atas nama Panji, sementara 33 rekening atas nama institusi.

Hal ini membuat Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan(PPATK) turun tangan untuk melacak transaksi keuangan dalam ratusan rekening tersebut.

Tidak hanya PPATK, terbaru, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri juga membentuk tim untuk mengusut transaksi mencurigakan dari 256 rekening milik pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang.

"Ya itu menjadi bagian dari tugasnya Bareskrim, nanti itu sudah ada tim yang dibentuk, ada tugasnya masing-masing siapa yang harus berkoordinasi dengan PPATK misalnya.”

“Kemudian mencari saksi ahli, melengkapi dengan kebutuhan penyidikan lainnya, supaya menjadi terang," ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, Jakarta, Jumat 7 Juli 2023.

Kendati demikian, Kadiv Humas Polri menjelaskan pengusutan terhadap rekening yang bersangkutan tergantung dari hasil keterangan yang diambil oleh Bareskrim Polri.

"Karena saat ini baru satu (laporan polisi terkait penistaan agama) dan ada informasi banyak dari masyarakat baik dari media online, medsos lainnya itu semua akan menjadi bahan untuk bisa diverifikasi," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya menegaskan dan memastikan bahwa Polri akan mengusut kasus ini dengan profesional.

"Dalam penegakan hukum polri akan bertindak dg profesional sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tegas dia.

Sehari yang lalu, PPATK sudah membekukan ratusan rekening milik pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

Dibekukannya ratusan rekening milik Panji Gumilang bertujuan untuk kepentingan pemeriksaan dan analisis tim PPATK karena ada dugaan transaksi mencurigakan.

"Ya dibekukan rekeningnya," terang Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana kepada awak media, di Jakarta, Kamis 6 Juli 2023.

Sebelumnya, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD menyatakan pihaknya menemukan total terdapat 289 rekening yang berkaitan dengan Panji Gumilang dan Ponpes Al Zaytun. 256 rekening atas nama Panji, sementara 33 rekening atas nama institusi.

"Dari 256 rekening atas nama dia (Panji Gumilang), dan 33 rekening atas nama institutsi. Jadi 289," tegas Mahfud. (*)


Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho.-PMJ News-

 

Sumber: