Pakar BRIN Sebut Nikuba Karya Aryanto Sudah Banyak di Pasaran, Cuma Menghemat Bahan Bakar

Pakar BRIN Sebut Nikuba Karya Aryanto Sudah Banyak di Pasaran, Cuma Menghemat Bahan Bakar

Aryanto Misel menunjukkan Nikuba yang merupakan hasil inovasi dirinya.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Alat yang diciptakan Aryanto Misel yang disebutnya sebagai Nikuba ternyata banyak di pasaran.

Hal tersebut disampaikan pakar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Deni Shidqi Khaerudini yang dilansir dari disway.id, Minggu 9 Juni 2023.

Menurut Deni, Nikuba bukanlah pengubah bahan bakar fosil dengan penghasil hidrogen dari air.

Tetapi, kata Deni, Nikuba hanya perangkat yang dapat menjadi solusi untuk penghemat bahan bakar.
Deni menjelaskan, konsep yang digunakan Aryanto Misel pada Nikuba yakni menggunakan HHO (Hidrogen Hidrogen Oksigen) atau dikenal juga sebagai gas Brown.

Nah, dari konsep HHO inilah kata Deni, Nikuba hanya berfungsi sebagai penghemat bahan bakar, bukan pengganti bahan bakar fosil pada umumnya.

Lebih jelas lagi, Deni menerangkan, konsep HHO yang diadopsi Nikuba bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar hidrokarbon pada mesin kendaraan.

Tak berhenti di situ, saat terjadi pembakaran bahan bakar, penggunaan hidrogen murni tak bisa mendukung proses pembakaran.

Pasalnya, Deni menyebut, hal itu lantaran partikel gas hidrogen yang sangat kecil tak bisa menjadi penyebab pembakaran di ruang bakar mesin.

Sehingga teknologi Nikuba asal Cirebon yang diklaim Aryanto Misel tak canggih-canggih amat dan Deni mengklaim Nikuba sejenis sudah banyak di pasaran.

Deni memastikan, Nikuba milik Aryanto Misel yang sempat dilirik Ferrari hingga Lamborghini itu hanya berfungsi penghemat bahan bakar.

Ia menambahkan, konsep penghemat bahan bakar seperti Nikuba Cirebon sudah ada dalam ilmu dasar fisika dan kimia. (*)

Sumber: