Tempat wisata di Cirebon dan Kuningan yang bagus untuk hilangkan penat

Tempat wisata di Cirebon dan Kuningan yang bagus untuk hilangkan penat

Curug Sidomba Kuningan -nativeindonesia.com- lh5.googleusercontent.com

Tempat wisata ini menjadi situs bersejarah yang ada di Kota Cirebon, tempatnya yang beralamatkan di Jl, Sunyaragi No.5, Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.

BACA JUGA:Emak-emak di Cirebon Minta Usut Rocky Gerung, Jangan Beri Kesempatan Tampil di Televisi

Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB, dan tiket masuk hanya perlu mengeluarkan biaya Rp10.000/orang, jika lebih banyak atau membawa rombongan maka akan mendapatkan potongan harga.

Gua Sunyaragi atau Taman Sari Guwa Sunyaragi adalah sebuah gua buatan yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon dimana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebagai Tamansari Sunyaragi.

Gua Sunyaragi dibangun pada tahun 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati yang berfungsi  sebagai tempat bermeditasi paar kesultanan Cirebon dan keluarganya.

Sesuai dengan namanya, Gua Sunyaragi berasal dari kata ‘Sunya’ atau sunyi yang berarti sepi dan kata ‘Ragi’ yang berarti raga.

BACA JUGA:Telkomsel One Mampu Transfer Data Berkecepatan Hingga 2 Gbps

Saat masuk ke Gua Sunyaragi akan disuguhkan dengan keindahan gua yang dibangun dan terdapat beberapa gua dengan nama yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya masing-masing.

2. Curug Sidomba Kuningan.

Curug Sidomba berada di kawasan Objek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba, ketika sudah tiba di gerbang pintu masuk kamu akan melihat betapa luasnya area tersebut.

Ketika memasuki area wisata tersebut kamu akan mendapati sebuah bangunan masjid yang sangat megah, dihiasi menara yang menjulang tinggi yang diberi nama ASMA’UL HUSNA, karena untuk menuju puncak menara kamu harus melalui tangga sebanyak 99 anak tangga.

BACA JUGA:Gerak Cepat, Agendakan Pemberhentian Affiati Langsung Pelantikan Suhaili, Tidak Boleh Lewat 15 Agustus

Curug Sidomba memiliki ketinggian sekitar 3 meter, air yang dialirkannya sangat jernih dan bersih. Kita dapat mendekati curahan airnya dari arah samping, Cuman untuk masuk kekolamnya sepertinya tidak bisa karena kasihan ikan yang ada dikolam tersebut.

Airnya mengalir melalui sebuah batu besar, aliran airnya berasal dari mata air Gunung Ciremai sehingga sangat jernih dan menyegarkan. Di sekeliling Curug Sidomba ditumbuhi pepohonan tinggi dan yang sangat rindang.

Objek Wisata yang berada di kawasan Kota Cirebon dan Kuningan ini cocok sekali untuk quality time menghilangkan penat menghabiskan waktu di alam terbuka.

Sumber: