5 Rekomendasi Objek Wisata di Pangalengan dan Ciwidey, Lengkap dan Cocok untuk Weekend

5 Rekomendasi Objek Wisata di Pangalengan dan Ciwidey, Lengkap dan Cocok untuk Weekend

Wisata Rancabolang, Ciwidey Kabupaten Bandung--

RAKYATCIREBON.ID, BANDUNG - Untuk anda yang sedang merasa penat dan bosan di wilayah perkotaan, yuk berlibur mengunjungi beberapa objek wisata di wilayah Bandung Selatan, Kabupaten Bandung. Objek wisata tersebut sangat wajib dikunjungi dan tidak pernah lepas dari sajian pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk.

Berikut 5 rekomendasi objek wisata di Kabupaten Bandung, yang wajib di kunjungi saat wekeend :

1. Kawah Putih
Kawah Putih terbentuk dari letusan yang terjadi di Gunung Patuha pada abad 11 silam. Dengan itu saat ini menghasilkan danau vulkanik yang indah. Danau tersebut memiliki luas sekitar 10 hektar dengan ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl.

Teretak di kawasan Ciwidey, objek wisata ini memiliki suhu yang cukup dingin berkisar 8 sampai 22 derajat celcius. Namun bagi masyarakat yang akan mengunjungi objek wisata Kawah Putih akan langsung disuguhkan hamparan kawah dengan berwarna putih kehijauan dan memiliki pasir putih di pinggirnya.

BACA JUGA:MEMPESONA, Keindahan Alam Bandung 2023 Menghipnotis Wisatawan Mancanegara

Selain itu, objek wisata tersebut menawarkan keindahan pohon-pohon kering yang ada di sekitarnya. Dengan itu tidak jarang masyarakat yang memilih untuk melakukan selfie diantara pohon-pohon tersebut

Bagi pengunjung yang ingin mendatangi Kawah Putih bisa membayar Harga Tiket Masuk (HTM) Rp.30 ribu. Setelah itu bagi pengendara motor bisa langsung naik angkutan ontang anting sebesar Rp.30 ribu.

Anda akan disuguhkan beberapa fasilitas yang bisa memuaskan. Jika ingin menikmati atau melakukan selfie di jembatan apung, pengunjung kembali merogoh kocek dengan hanya membayar Rp.15 ribu.

Kemudian terdapat wahana kuda tunggang dengan tiket masuk Rp.35 ribu hari biasa dan akhir pekan Rp.50 ribu. Wahana panahan dengan harga tiket masuk Rp.20 ribu per orang. Kemudian ada wahana taman bermain dengan tiket masuk Rp.15 ribu sampai Rp.20 ribu. Ada juga Wahana view desk Sunan Ibu dengan harga tiket masuk Rp.10 ribu.

BACA JUGA:Kunjungi Kebun Teh Rancabali Saat Pagi dan Sore, Cocok Jadi Tempat Healing di Bandung Selatan

2. Rengganis Suspension Bridge
Objek wisata Rengganis Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis. Berada di kawasan Gunung Patuha, Ciwidey, jembatan tersebut terbentang dengan panjang 370 meter.

Harga Tiket Masuk (HTM) ke objek wisata tersebut beragam paket wisata. Bagi pengunjung VIP bisa masuk dengan harga Rp.100 ribu.

Harga tersebut bisa digunakan untuk Glamping Likeside (semua wahana), Situ Patenggang, Kawah Rengganis, dan Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis.

Kemudian bagi yang harga Rp.70 ribu, pengunjung hanya bisa memasuki objek wisata Kawah Rengganis, dan Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis.

BACA JUGA:Dusun Bambu Resort Lembang, Tempat Wisata yang Penuh Akan Seni dan Murah

Sementara itu jika hanya ingin mengunjungi Kawah Rengganis pengunjung bisa merogoh kocek Rp.15 ribu. Namun jika hanya ingin mengunjungi Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis, bisa dikenakan biaya sebesar Rp.70 ribu.

Jembatan gantung tersebut juga menghubungkan langsung ke Kawah Rengganis. Yang di dalamnya adalah ada pemandian air panas dari gunung patuha sumbernya. Dengan panasnya dari 35 sampai 80 derajat.

3. Ranca Upas
Ranca Upas lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Wisata yang ditawarkan di lokasi tersebut sangat beragam.

Salah satu yang menjadi favorit adalah tempat camping dan terdapat koleksi hewan rusa yang bisa diajak berfoto bagi pengunjung.

BACA JUGA:Sudah Jadi Ikon Cirebon Timur, Hotel Dedy Jaya Ciledug Laksanakan Upacara Bendera HUT Kemerdekaan

Ranca Upas juga terdapat pemandian air panas, kolam renang, outbond hingga cafe bagi para pengunjung. Destinasi ini sangat cocok untuk jadi tujuan wisata ketika libur lebaran tiba.

Destinasi wisata ini memiliki luas 215 hektare di atas ketinggian 1.700 mdpl. Suhu rata-rata di bumi perkemahan ini mencapai 17-20 derajat Celsius pada siang cari dan bisa mencapai 0 derajat Celsius di malam hari.

Untuk harga tiketnya wisatawan lokal hanya perlu membayar Rp.25 ribu per orang. Sementara wisatawan asing dikenakan tiket Rp.44 ribu per orang. Sementara bagi yang ingin camping dikenakan biaya masuk sebesar Rp.40 ribu per orang.

4. Taman Langit Pangalengan
Objek wisata Taman Langit berada di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Dengan jarak sekitar 64 kilometer dari pusat Kota Bandung.

BACA JUGA:Bikin Ngiler! Inilah 5 Makanan Khas Sunda yang Familiar dan Terpopuler di Masyarakat

Pengunjung bisa menikmati suasana keindahan kebun teh di bawah barisan Gunung Wayang di wilayah Pangalengan. Terdapat jembatan dengan bahan kayu melintang diantara perkebunan teh Pangalengan.

Berada pada ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut, pengunjung bisa melihat samudera awan. Selain itu, terdapat spot-spot foto menarik untuk Instagrammable.

Tiket masuk Rp.10 ribu per orang dan beserta parkir motor Rp.5 ribu per motor. Namun bagi yang ingin melakukan camping biaya tambahan Rp.25 ribu. Tidak hanya itu, terdapat juga villa untuk menginap, harga permalamnya untuk weekday Rp.400 ribu dan weekend Rp.600 ribu.

5. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey
Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey berada di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Jika ingin menuju lokasi tersebut bisa menggunakan kendaraan pribadi.

BACA JUGA:Rileksasi dengan Alam yang Menakjubkan, Wisata Mandi Air Panas Ciwidey, Bandung

Berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), Bukit Jamur tersembunyi di balik perkebunan teh. Dengan itu wisata tersebut menyuguhkan pemandangan yang indah dekat dengan perkebunan teh.

Yang menjadi daya tarik Bukit Jamur adalah keberadaan pohon cemara yang dibentuk seperti jamur. Ada puluhan pohon cemara yang berbaris rapat dan memanjang.

Layaknya jamur Shimeji, pohon 'jamur' tersebut memiliki batang yang kokoh nan pendek. Daunnya berbentuk layaknya topi jamur. Setiap pohon tidak memiliki bentuk yang sama. Bentuk pohon itu dibuat secara manual agar seragam.

Barisan pohon 'jamur' ini memberi kesan sejuk kepada siapa saja yang melihatnya. Sembari berjalan santai menyusuri pepohonan, jangan lupa mengenakan pakaian tebal dan membawa payung. Karena, terkadang sering turun hujan dan membuat suhu menjadi sangat dingin.

BACA JUGA:Bandung Kembali Mempesona dengan Wisata Baru yang Memukau, Banyak Spot Foto Keren!

Bukan hanya itu, bagi para pasangan lokasi ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama. Bahkan, sering pula sebagian pasangan melakukan foto prewedding di sana.

Selain pohon cemara, kini ada pula jembatan yang dibuat khusus untuk melihat panorama Bukit Jamur. Bila dilihat dari puncak, terlihat hamparan perkebunan teh, pohon cemara dan sejumlah pemukiman warga.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk Bukit Jamur Ciwidey terbilang sangat ramah di kantong, yaitu Rp.15 ribu per orang. Kemudian pengunjung yang membawa motor dikenai tambahan biaya parkir Rp.2 ribu dan Rp.5 ribu bagi roda empat.

Wah seru sekali ya, bagaimana apakah anda tertarik untuk berkunjung kesana saat weekend bersama teman, kerabat, dan keluarga? (Eko Noviyanto-11)

Sumber: