12 Cara Memutihkan Gigi Alami Tanp Efek Samping, Bahan-Bahannya Ada di Dapur!

12 Cara Memutihkan Gigi Alami Tanp Efek Samping, Bahan-Bahannya Ada di Dapur!

Cara memutihkan gigi dengan bahan yang ada di rumah.-RakyatCirebon-Foto by google

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Semakin banyak orang ingin memiliki senyum cerah dan gigi putih. Namun, penggunaan bahan kimia dalam produk pemutih gigi seringkali menimbulkan efek negatif pada kesehatan mulut. 

 

Namun jangan khawatir bagi kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, cara memutihkan gigi kuning secara alami ini bisa menjadi pilihannya.

 

Penyebab gigi kuning

 

Sebelum mengetahui cara memutihkan gigi kuning agar tampak lebih putih dan bersih, ada beberapa kebiasaan yang umumnya biasa dilakukan sehingga menyebabkan gigi terlihat kuning atau bahkan kotor. 

 

Berikut beberapa penyebab gigi kuning:

- Kebiasaan minum teh dan kopi

 - Malas menyikat gigi, terutama pada pagi dan malam hari

 - Makan permen berlebihan

 - Meminum alkohol

 - Merokok

 - Gunakan obat tetes mata

 - Suka minum suplemen

 - Adanya penyakit tertentu 

 

BACA JUGA:Bukan Tarik Tambang, Agustusan PT KAI Gelar Lomba Tarik Lokomotif

 

Berikut cara alami memutihkan gigi yang ampuh dan bisa dilakukan setiap hari :

 

1. Siwak

Penggunaan siwak telah digunakan sejak zaman kuno. Selain sebagai alat pembersih gigi tradisional juga mempunyai manfaat lain yaitu memutihkan gigi secara alami.

 

Caranya adalah dengan menggosokkan siwak secara merata pada gigi anda. Anda bisa melakukan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

 

2. Garam

Cara memutihkan gigi dengan garam terbukti cukup ampuh. Anda bisa menggunakan larutan air garam untuk berkumur setiap hari. Bahkan kandungan antibakteri pada garam dapat membunuh kuman penyebab kerusakan gigi. 

 

3. Arang 

Arang memiliki kandungan alkalin yang memiliki kemampuan untuk mengikis dan membersihkan noda kuning pada gigi. Anda bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru bisa mengikis enamel gigi. 

 

Caranya adalah dengan mengambil sepotong arang lalu tumbuk dan tambahkan perasan satu buah lemon. Kemudian langsung gosokan pada gigi.

 

BACA JUGA:Pemprov Jabar Resmikan 2 Lumbung Padi di Kabupaten Cirebon, Kearifan Lokal yang Dikelola Secara Digital

 

4. Lemon

Kandungan asam pada lemon dapat menghilangkan bakteri penyebab gigi kuning. Tingkat PH-nya yang seimbang memungkinkan buah ini digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. 

 

Caranya ambil 1 buah lemon segar. Kemudian ambil airnya dan campurkan dengan 1 sendok teh baking soda. Gosok dengan sikat gigi pada gigi Anda.

 

5. Kulit pisang

Setelah makan pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi kuning. Caranya cukup dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi anda. 

 

6. Kulit jeruk

Tak jauh berbeda dengan kulit pisang, kulit jeruk juga bisa digunakan untuk membersihkan gigi kuning hingga memutihkan gigi. 

 

Caranya hampir sama, yakni menggosokkan kulit jeruk pada gigi. Anda bisa melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

BACA JUGA:Herman Khaeron Ungkapkan Punya Hubungan Khusus dengan Desa Cipeujeuh Kulon

 

7. Soda kue

Soda kue yang dikenal sebagai bahan pembuat kue ternyata memiliki manfaat tersembunyi yaitu dapat memutihkan gigi kuning secara alami. 

 

Soda kue memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda kuning yang menyebabkan gigi kuning. 

 

Cara memutihkan gigi dengan baking soda, anda hanya perlu mengoleskannya pada gigi anda. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3-5 menit, barulah anda bisa berkumur.

 

 8. cuka apel

Cuka apel yang sering digunakan sebagai penambah rasa makanan ternyata memiliki bisa membuat gigi tampak lebih putih dan bersih. Tipsnya, ambil 1 sendok makan cuka apel lalu gosokkan pada gigi.

 

9. Stroberi

Selain dapat digunakan setiap hari, anda juga dapat memutihkan gigi dengan buah strawberry dengan cara menggosokkan bagian luar buah strawberry pada gigi. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kotoran gigi.

 

BACA JUGA:CARA DAN SYARAT PENGAJUAN DAN PINJAMAN KUR BRI!

 

10. Daun sirih

Komposisi daun sirih mampu membunuh kuman penyebab kerusakan gigi bahkan dapat memutihkan gigi secara alami. 

 

Caranya adalah dengan mengambil 1-2 lembar daun sirih segar dan mengoleskannya secara merata pada gigi. Selain itu, Anda juga bisa merebusnya dan menggunakannya untuk berkumur

 

11. Susu

Kalsium susu berfungsi membersihkan gigi dari noda kuning. Bahkan fosfor dan magnesium yang terdapat pada susu dapat digunakan untuk memperkuat gigi dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi susu secara rutin setiap hari.

 

12. Jahe

Jahe mempunyai sifat antibakteri sehingga dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Caranya cukup dengan menggosokkan jahe secara merata pada gigi Anda. 

 

Itu lah beberapa cara alami memutihkan gigi kuning. Namun, sebelum mencobanya 

berkonsultasi lah dengan dokter gigi. 

 

Setiap orang memiliki kondisi gigi yang berbeda-beda, dan rekomendasi yang tepat akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. (*)

 

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Nongkrong di Kota Cirebon, yang Asik dan Harga Terjangkau!

Sumber: helath.detik.com