Fakta Menarik Jalur Pendakian Sadarehe, Para Pendaki Tertantang, Melintasi Padang Savana dan Hamparan Edelweis

Fakta Menarik Jalur Pendakian Sadarehe, Para Pendaki Tertantang, Melintasi Padang Savana dan Hamparan Edelweis

Jalur pendakian via Majalengka--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 mdpl. Setidaknya ada lima jalur pendakian resmi Gunung Ciremai, yakni Linggajati, Linggasana, Palutungan, Apuy, dan Trisakti Sadarehe.

Nama terakhir merupakan jalur pendakian baru yang diresmikan pada Agustus 2022 lalu, di mana jalur Trisakti Sadarehe berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dengan lokasi basecamp pendakiannya di Kebon Raja dengan ketinggian 1.295 mdpl.

Dalam perjalanannya pendaki akan melalui delapan pos pendakian atau disebut transit sebelum menuju ke puncak Gunung Ciremai tersebut. Dari delapan pos pendakian itu, terdapat dua pos yang direkomendasikan sebagai lokasi mendirikan tenda atau camp, yakni Pos 6 (Sumber Hidup) dan Pos 8 (Kawah Burung).

Daya tarik dari jalur pendakian ini ialah adanya padang savana yang membentang di ketinggian 2.670 mdpl, pemandangan matahari terbit dan terbenam, hamparan Edelweis serta jalur pendakian yang cukup menantang.

BACA JUGA:Libur Bersama Keluarga di Waterboom Tirta Indah Majalengka, Sejuk dan Menyegarkan!

Sama seperti jalur pendakian Gunung Ciremai lainnya, untuk pendaftaran kegiatan pendakian via jalur Trisakti Sadarehe ini calon pendaki harus melakukan booking online melalui laman https://bookingciremai.menlhk.go.id dengan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang dengan minimal tim pendakian sebanyak empat orang.

Adapun perjalanan dari basecamp menuju ke Pos 1 (Lawang Gede) ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit, kemudian dari Pos 1 ke Pos 2 (Tegal Jamuju) ditempuh selama 60 menit perjalanan. Selanjutnya dari Pos 2 ke Pos 3 (Kayu Manis) ditempuh selama 60 menit perjalanan

Lalu dari Pos 3 ke Pos 4 (Pengorbanan Cinta) ditempuh 60 menit, dilanjutkan dari Pos 4 ke Pos 5 (Buyut Ketug) selama 60 menit perjalanan, kemudian Pos 5 ke Pos 6 (Sumber Hirup) 60 menit.

Sementara dari Pos 6 ke Pos 7 (Tanjakan Cita-cita) ditempuh selama 90 menit, selanjutnya dari Pos 7 ke Pos 8 (Kawah Burung) memakan waktu tempuh 60 menit, dan dari Pos 8 ke Puncak Gunung Ciremai bisa ditempuh selama 150 menit.

BACA JUGA:Gubernur Ridwan Kamil Tidak Sebut Cirebon Timur, Perjuangan Pemekaran Masih Panjang

Perlu dicatat kepada teman-teman waktu tempuh perjalanan tersebut bisa berbeda-beda antar individu, tergantung dengan fisik dan mental masing-masing. Adapun estimasi waktu pendakian ini hanya sebagai gambaran untuk mengatur waktu pendakian.
(Eko Noviyanto-14)

Sumber: