Dominan Belum Bisa Tentukan Pilihan, Imbas Tidak Adanya Figur Dianggap Mampu

Senin 29-07-2024,10:46 WIB
Reporter : Zezen Zaenudin Ali
Editor : Khairul Anwar

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Masyarakat masih dominan belum bisa menentukan pilihan. Angkanya mencapai 87,68 persen. Data itu diketahui, berdasarkan hasil survei tim Pemilu Rakyat yang dilaksanakan di Daerah Pemilihan (Dapil) VII, Sabtu 27 Juli 2024.

Sebagai informasi, Dapil VII Kabupaten Cirebon itu meliputi Kecamatan Susukan Lebak, Sedong, Astanajapura, Mundu, Beber dan Greged. Di Dapil itu juga, suara PDIP saat Pemilihan Legislatif (Pileg) kemarin tertinggi. Ada dua kursi legislatif berhasil diraih banteng. Padahal di Pileg sebelumnya milik PKB.

Harusnya, Dapil VII menjadi kandang banteng. Atau lumbung suara bagi figur yang saat ini dijagokan PDIP. Yakni Drs H Imron MAg. Kang Imron--sapaan untuknya sedang menapaki posisi sebagai representasi dari PDIP saat ini.

Ternyata, meski popularitasnya tertinggi diangka 22,81 persen, tidak berbanding lurus dengan angka keterpilihannya. Imron hanya mengantongi 6,52 persen saja elektabilitasnya. Kalau dibiarkan, ini tentu membahayakan. Membuka peluang bagi figur lainnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Cirebon, Kang Nauval Fuad Hasyim, menilai banyaknya swing voters atau pemilih ngambang yang belum menentukan pilihan disebabkan oleh ketidakadaan figur yang dianggap mampu, baik dari segi integritas maupun kredibilitas.

"Secara moral maupun politis, mereka belum dipercaya untuk memegang kepemimpinan di Kabupaten Cirebon," kata Nauval.

Menurutnya, prinsip kepemimpinan melalui pemilihan itu haruslah mau dan mampu. Namun, saat ini yang terlihat hanya mereka yang mau memimpin, sementara kemampuannya masih dipertanyakan.

"Disinilah posisi partai politik untuk melakukan rekruitmen politiknya harus dengan sebaik-baiknya. Jika hal ini terus dibiarkan, maka bisa menimbulkan krisis kepercayaan terhadap partai politik itu sendiri," tegas Nauval.

Ia juga menekankan pentingnya rekruitmen politik yang baik. "Rekruitmen yang baik memiliki keutamaan tertentu, yaitu pembelajaran politik bagi masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan salah satu fungsi partai politik, yaitu political education," pungkasnya. (zen)

Kategori :