Panggung Kreativitas Pelajar Buka Rangkaian Hari Jadi

Panggung Kreativitas Pelajar Buka Rangkaian Hari Jadi

KOLABORASI. Penampilan Barongsai berkolaborasi dengan Tari Topeng dibawakan para murid SD di hadapan Walikota dan Forkopimda pada Panggung Kreativitas Pelajar, kemarin.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Panggung Kreativitas Pelajar dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar selama dua hari, tanggal 27-28 Juli di Komplek Gedung Negara, Krucuk, sekaligus membuka rangkaian kemeriahan Hari Jadi ke-653 Cirebon. Setelah itu, disusul berbagai kemeriahan lainnya.

Rabu (27/7) kemarin, Panggung Kreativitas Pelajar dibuka langsung oleh Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH dengan dihadiri jajaran Forkopimda Kota Cirebon.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Hari Jadi ke-653 Cirebon, Kadini menyampaikan bahwa Panggung Kreativitas Pelajar ini menjadi puncak dari peringatan Hari Anak Nasional. Sekaligus masuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Cirebon.

Panggung Kreativitas Pelajar ini, lanjut Kadini, diisi beberapa kegiatan. Di dalamnya ada tujuh lomba untuk anak-anak dalam dua hari. Mulai dari lomba melukis, mendongeng, hingga lomba seni tari.

"Lomba ini diikuti 853 orang peserta. Dan panggung kreativitas pelajarnya melibatkan 800 orang pengisi pentas seni," ungkapnya.

Selain berbagai lomba untuk anak-anak, kemeriahan agenda dua hari tersebut juga diisi dengan puluhan stand dan bazar UMKM serta SKPD di lingkungan Pemkot Cirebon.

Bahkan selain kegiatan anak-anak, Panggung Kreativitas Pelajar juga diisi dengan kegiatan sosial berupa baksos dan pemberian bantuan alat tulis kepada lima Sekolah Dasar di Kota Cirebon. Yakni bantuan alat tulis untuk SDN Lebak Ngok, SDN Silih Asah 1, SDN Silih Asah 2, SDN Cadas Ngampar dan SDN Sumurwuni.

"Ada juga baksos kepada warga. Semoga ini bisa diikuti dan dimeriahkan oleh semua masyarakat untuk Ngobeng di Hari Jadi Cirebon," kata Kadini.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH mengatakan, meskipun dirangkaikan dengan Hari Jadi ke-653 Cirebon, panggung kreativitas pelajar ini merupakan komitmen pemkot dalam mendukung terwujudnya kota yang ramah terhadap anak-anak.

"Ini adalah rangkaian hari jadi, sekaligus menunjukkan komitmen pemkot dalam menyiapkan generasi penerus yang kuat di zaman modern," ungkapnya.

Ke depan, melalui event-event untuk anak, Pemkot Cirebon terus berkomitmen menyediakan ruang-ruang berekspresi untuk anak-anak di Kota Cirebon.

"Melalui penguatan aspek moral, kita berkomitmen untuk mencetak generasi penerus yang siap menghadapi tantangan global tanpa kehilangan jati dirinya," kata Azis. (sep)

Sumber: