Lahan Mati Dijadikan Balai Benih Ikan

Lahan Mati Dijadikan Balai Benih Ikan

APRESIASI. Bupati, H Imron meninjau lokasi pembuatan balai benih ikan yang dilakukan DKPP dengan cara memanfaatkan lahan tidur milik Pemda. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Cirebon, melakukan terobosan. Mengoptimalkan potensi yang ada. Yakni melakukan pembangunan Balai Benih Ikan DKPP di Desa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang.

Kepala DKPP, Drs Abraham Mohamad MSi mengatakan balai benih ikan itu, nantinya tidak hanya akan memfokuskan untuk pengembangan budidaya ikan saja. Melainkan akan ada fungsi lainnya juga. Seperti pusat edukasi terkait perikanan dan pariwisata.

"Nantinya ini akan jadi pusat pembelajaran dan pusat pengetahuan. Semuanya boleh belajar dan menimbah ilmu, kita akan upayakan akan dibangun mess atau rumah singgah bagi mereka yang jauh sebagai tempat penginapan," ungkapnya.

Selama ini, Balai Benih di Desa Balad Kecamatan Dukupuntang ini, kata Abraham dimanfaatkan DKPP dengan cara menyewa lahan. Biaya sewanya pun cukup besar. Waktunya pun sudah cukup lama. Semenjak tahun 1996. 

BACA JUGA:IAIN Cirebon Undang Dosen dan Mahasiswa Malaysia

"Sewanya pada 1996 itu sekitar 8 juta pertahun. Tahun ini sudah 83 juta untuk balai benih di Desa Balad. Kita inisiatif memanfaatkan lahan Pemda. Sudah disetujui dan sekarang tahap pembangunan. 

Luas lahannya sekitar 2 hektare. Dimanfaatkan untuk 40 kolam budidaya. Karena salah satu tugas kita menyediakan benih ikan untuk Kabupaten Cirebon, ini nanti kita tidak sewa lagi, karena lahannya punya Pemda," bebernya.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg mengapresiasi langkah DKPP Kabupaten Cirebon yang sudah terobosan. Bahkan Imron tidak menyangka apa yang dilakukan Abraham di DKPP mampu mengoptimalkan potensi yang selama ini belum tergali dengan maksimal. 

"Saya agak kaget ternyata aset pemda yang selama ini hanya jadi lahan tidur, sekarang bisa dimanfaatkan dan berguna untuk masyarakat. Saya apresiasi sekali, ternyata manuver Pak Abraham tidak main-main," ujar Imron.

BACA JUGA:Kejadian di Cirebon Lagi, Gadis 12 Tahun Dicabuli 2 Pria, Satu Pelaku Masih Berkeliaran

Diterangkan Imron, lokasi pembangunan balai benih ikan di Cikalahang ini nantinya diharapkan tidak hanya dimanfaatkan dari sisi fungsinya saja sebagai pengembangan benih budidaya ikan. Melainkan bisa dimaksimalkan dari sisi ekonomi baik untuk pengembangan wisata maupun edukasi.

"Saya lihat potensi alamnya bagus sekali, viewnya bisa melihat pegunungan, disampingnya ada sungai, tinggal nanti dikembangkan bisa untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar dengan pengembangan pariwisata," pungkasnya.

Sumber: