Satpol PP Kota Cirebon Minta Kenaikan Honor Satlinmas, Siap Tambah Durasi Kerja

Satpol PP Kota Cirebon Minta Kenaikan Honor Satlinmas, Siap Tambah Durasi Kerja

SATLINMAS. Anggota Satlinmas berjaga di pos Jalan Kartini, salah satu dari enam ruas jalan yang dijaga Satlinmas. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon terus memperjuangkan agar honorarium Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang sampai saat ini masih tergolong minim, untuk ditingkatkan. Aspirasi tersebut sudah disampaikan kepada Komisi I DPRD.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, Edi Siswoyo menyampaikan, saat ini, honorarium yang diberikan kepada 150 personel satlinmas memang masih kurang. Terlebih dengan beban kerja di lapangan, kenaikan honor menjadi salah satu hal yang wajar diajukan.

"Untuk kenaikan honor Satlinmas, kita ajukan ke Komisi I. Mereka merespons baik," ungkap Edi kepada Rakyat Cirebon.

Saat ini, lanjut Edi, honor Satlinmas diberikan sebesar Rp80 ribu untuk setiap shift selama enam jam. Dalam sebulan, masing-masing personel harus memenuhi 15 hari kerja. Sehingga secara kumulatif, dalam sebulan, Satlinmas hanya mendapat honor sebesar Rp1,2 juta.

Maka dari itu, Satpol PP mengajukan agar honor Satlinmas dinaikan menjadi Rp150 ribu setiap shift-nya. Sehingga kumulatif mereka juga bertambah. Minimal menjadi sekitar Rp2,25 juta, tidak jauh dari UMK di Kota Cirebon.

Namun demikian, dijelaskan Edi, pihaknya pun mengajukan kenaikan dengan beberapa konsekuensi bagi para personel Satlinmas. Di antaranya, saat ini, jam kerja Satlinmas hanya berlaku 18 jam dengan diisi tiga shift. Shift pertama mulai pukul 06.00-12.00 WIB. Shift kedua pukul 12.00-18.00 WIB. Shift ketiga pukul 18.00-12.00 WIB. Jika kenaikan disetujui, maka konsekuensinya, jam kerja Satlinmas harus ditambah menjadi 24 jam.

"Kita ajukan dengan konsekuensi, pertama kerja 24 jam atau nanti lokasi akan ditambah bisa delapan titik atau Sembilan titik. Yang saat ini hanya di enam titik. Jadi tambah durasi kerja atau titik jaga. Rencana, kalau nambah titik jaga, kita akan prioritaskan Karanggetas," jelas Edi.

Namun ke depan, jika ada kenaikan, maka Satpol PP juga akan mengupayakan agar para personel Satlinmas bisa tercover BPJS Ketenagakerjaan.

Maka dari itu, diharapkan, upaya yang sedang didorong saat ini, sejalan dengan semangat yang ditunjukkan para personel Satlinmas. Sehingga mereka bisa terus meningkatkan kinerja sesuai tupoksinya saat dibentuk dulu.

"Harapannya, dengan adanya kenaikan, anggota kinerjanya semakin baik dan lebih manusiawi. Nanti kita usahakan tercover BPJS Tk. Saat ini baru sebagian, itu pun mandiri. Fungsinya sekarang, masih sama. Menghalau PKL, ODGJ. Jadi pusat informasi juga, standby di titik jaga. Sudah ada respons baik dari Komisi I. Mudah-mudahan pemda juga bisa merespons baik," imbuh Edi. (sep)

Sumber: