Industri Jasa Keuangan Ciayumajakuning Topang Pertumbuhan Desa Wisata

Industri Jasa Keuangan Ciayumajakuning Topang Pertumbuhan Desa Wisata

JASA KEUANGAN. Kepala Bagian Pengawasan LJK OJK Cirebon, Nana Rosdiana mengatakan, per April 2023, Dana Pihak ketiga (DPK) perbankan mencapai Rp7.997 triliun dengan penyaluran kredit sebesar Rp6.465 triliun. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Seiring dengan pesatnya perkembangan Industri Jasa Keuangan, merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kebutuhan masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan yang semakin beragam, proses cepat dan efisien, serta berbagai keuntungan yang bisa didapatkan.

Kepala Bagian Pengawasan LJK OJK Cirebon, Nana Rosdiana mengatakan,  per April 2023, Dana Pihak ketiga (DPK) perbankan mencapai Rp7.997 triliun dengan penyaluran kredit sebesar Rp6.465 triliun.

"Hal tersebut menunjukan betapa peran perbankan sangat besar dalam mendorong sector riil sehingga pertumbuhan ekonomi mencapai 5,03% pada triwulan 1 tahun 2023," jelasnya.

OJK melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) memandang pentingnya peningkatan literasi atau pemahaman masyarakat atas produk dan layanan keuangan sehingga tercipta Inklusi atau pemanfaatan produk dan layanan keuangan yang berkualitas.

Anggota TPAKD yang terdiri atas Bank Indonesia, OJK, Pemerintah Daerah, OPD, dan Lembaga Keuangan senantiasa bersinergi untuk memperluas akses keuangan masyarakat demi peningkatan kesejahteraan dan salah satu programnya adalah pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Desa Wisata Digital Kaduela di Kabupaten Kuningan.

"Selain berfokus pada perluasan akses keuangan, kami juga berfokus pada perluasan pemanfaatan digitalisasi keuangan mengingat layanan jasa keuangan sangat erat kaitannya dengan digitalisasi, dan kami memiliki tanggung jawab agar masyarakat Ciayumajakuning," jelasnya.

Khususnya masyarakat Desa Kaduela meraih predikat masyarakat yang cerdas keuangan dan bijak dalam memanfaatkan produk keuangan. Nana berharap agar masyarakat Desa Kaduela dapat lebih sejahtera, dapat mengelola keuangan secara mandiri, dan mencapai tingkat kesejahteraan melalui jasa keuangan dan digitalisasi.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Dinas terkait, BNI KCU Kuningan, dan BPJS Ketenagakerjaan Cirebon, yang selalu bersinergi untuk mensukseskan program kerja TPAKD Kabupaten Kuningan. Semoga program kerja TPAKD Kabupaten Kuningan mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat di Kabupaten Kuningan," tambahnya. (wan)

Sumber: