Bisnis Indosat Tumbuh Positif di 2023 Berkat Inovasi Berkelanjutan

Bisnis Indosat Tumbuh Positif di 2023 Berkat Inovasi Berkelanjutan

TUMBUH POSITIF. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Termasuk pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G.

Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023. Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong
oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis
Perusahaan.

Pendapatan Selular tumbuh 8,7% disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication and Internet (MIDI) naik 13,0% ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap.

Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase.  

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

"Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami," ujarnya.

Sepanjang tahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu.

Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0.

Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di Region Central & West Java (CWJ) tercatat mencapai lebih dari 26,6 juta pelanggan, dimana sekitar 75 persen diantaranya aktif menggunakan layanan internet yang menyumbangkan pertumbuhan trafik data sebesar 11,6 persen.

Pada 2023, Indosat region CWJ memiliki sekitar 41 ribu sites (BTS 4G) yang melayani pelanggan di wilayah tersebut, atau bertambah 27 persen dari periode yang sama tahun 2022. (wan)

Sumber: