Muncul Potensi Calon Independen di Pilkada, Relawan Klaim Kantongi 25 Ribu Dukungan

Muncul Potensi Calon Independen di Pilkada, Relawan Klaim Kantongi 25 Ribu Dukungan

Beberapa relawan berkonsultasi ke KPU terkait teknis pendaftaran pasangan calon dari jalur perseorangan, Senin (06/05). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mulai mensosialisasikan teknis pencalonan perseorangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon untuk Pilkada 2024.

 

Pantauan Rakyat Cirebon, di hari pertama sosialisasi, sejumlah masyarakat datang untuk berkonsultasi lebih detail mengenai hal-hal teknis penyerahan berkas persyaratan pasangan calon perseorangan. Mereka tampak ditemui oleh petugas di sekretariat KPU.

 

Diwawancarai usai berkonsultasi, Relawan Independen untuk Kota Cirebon, Edi Susanto mengakui bahwa kedatangannya adalah untuk menanyakan lebih jelas mengenai teknis  penyerahan berkas persyaratan dan dukungan untuk calon perseorangan.

 

BACA JUGA:PDIP-PKS Gagas Koalisi Besar Baru, Bakal Ketemu NasDem dan Demokrat

 

Ia memastikan, pada Pilkada Kota Cirebon, bakal ada pasangan calon yang maju melalui jalur perseorangan, dan saat ini ia bersama tim nya sedang mempersiapkan itu.

 

"Kami memastikan akan ada calon dari jalur independen. Tadi kita konsultasi, dan tanggal 10-12 Mei, kita akan mendaftar ke KPU," ungkap Edi kepada Rakyat Cirebon.

 

Mengenai salahsatu syarat yang dibutuhkan, bahwa pasangan calon dari jalur perseorangan harus menyertakan syarat minimal dukungan 21.453 orang, dan tersebar di minimal 3 Kecamatan di Kota Cirebon, dengan beberapa kelengkapan berkas lainnya, disebutkan Edi, saat ini, pihaknya sudah mengantongi hingga 25 ribu dukungan, dengan bukti yang dilampirkan.

 

BACA JUGA:Baliho Di Depan Taman PKK Sumber Roboh, Makan Korban

 

"Syarat minimal dukungan itu 21.453, kita saat ini ada 25 ribu, yang dibuktikan dengan foto kopi KTP," jelas Edi.

 

Disoal mengenai nama yang bakal didorong maju dari jalur perseorangan, Edi pun belum menyebutkan siapa dan dari mana.

 

Hanya saja, ia sempat menyebutkan klu, bahwa tokoh yang akan didaftarkan nanti, merupakan tokoh asli Kota Cirebon.

 

"Nanti calonnya siapa, tunggu saja saat kita daftarkan. Dia seorang kontaktor, mantan politisi asli Kota Cirebon," kata Edi.

 

BACA JUGA:Hanura Nyatakan Gabung Koalisi Cirebon Maju

 

Sementara itu, Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Humas KPU Kota Cirebon, Ruly Ruslian Fauzi membenarkan, bahwa Senin (06/05) pagi, beberapa masyarakat datang ke KPU untuk berkonsultasi soal teknis pendaftaran bagi calon Walikota dan Wakil Walikota dari jalur perseorangan, atau jalur independen.

 

"Tadi ada yang berkonsultasi soal persyaratan jalur independen. Kita tegaskan untuk masa penyerahan dokumen tanggal 8 sampai 12 Mei, dan wajib memberitahu KPU untuk jadwal penyerahan persyaratannya," kata Ruly. (sep)

Sumber: