PPK Talun Sosialisasi Pilkada di Festival Talun 2024

PPK Talun Sosialisasi Pilkada di Festival Talun 2024

PPK, PPS dan PPDP se-Kecamatan Talun melakukan sosialisasi Pilkada dalam agenda Festival Talun, akhir pekan lalu. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - 150 Badan Adhoc penyelenggara Pemilu untuk Pilkada 2024, yang terdiri dari unsur Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se-Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon melakukan sosialisasi Pilkada 2024 pada rangakaian acara Festival Talun 2024 yang digelar pada akhir pekan lalu.

 

Festival Talun sendiri merupakan bagian dari tradisi masyarakat Talun yang mulai digagas pada Tahun 2021 yang merupakan kegiatan berbasis masyarakat.

 

Kegiatan sosialiasi Pilkada tersebut dilaksanakan di hari pertama dalam rangkaian kegiatan Festivasl Talun 2024, Sabtu (20/07) pada Agenda Karnaval Kirab Budaya.

 

BACA JUGA:PKB Fokus Kerja-Kerja Politik Nyata, Meski Tak Tersorot Kamera Media

 

Rute Karnaval Kirab Budaya dimulai dari Jl. Ir. Soekarno dan berakhir di Rindoe Talun.

 

Sepanjang jalur rute yang dilalui oleh peserta karnaval, dimanfaatkan sebagai tempat sosialisasi Pilkada oleh PPK & PPS serta PPDP, yang sasaran dan targetnya adalah semua masyarakat Talun yang ikut serta dalam menyaksikan kegiatan tersebut.

 

Ketua PPK Talun, Ahmad Hariri mengungkapkan, pihaknya memanfaatkan setiap momentum kegiatan yang berbasiskan masyarakat umum yang ada di wilayah Talun, untuk melakukan sosialsiasi Pilkada 2024.

 

BACA JUGA:Ayu Pilih Head to Head, Siap Dipasangkan dengan Asep

 

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kita semua mempunyai tanggung jawab untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut," ungkap Hariri.

 

Sosialisasi Pilkada sendiri, dijelaskan Hariri, dilakukan untuk mengajak semua masyarakat Talun khususnya, untuk ikut serta mensukseskan pesta demokrasi daerah yang akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024 mendatang, dengan mendatangi TPS dan menyalurkan hak konstitusionalnya dalam memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Cirebon.

 

"Meskipun hari ini belum masuk ke dalam tahapan agenda sosialisasi, tapi kami dengan inisiatif tidak mau ketinggalan momentum yang baik ini untuk ikhtiar-ikhtiar kita dalam mensukseskan Pilkada, sehingga bisa mencapai angka yang maksimal untuk tingkat pertisipasi masyarakat dalam Pilkada, khususnya di Wilayah Kecamatan Talun," kata Hariri yang didampingi Divisi SDM & Partisipasi Masyarakat, Agus Riyanto.

 

BACA JUGA:DBD Serang Wilayah Pabedilan dan Losari, Dinkes Didesak Lakukan Penanganan

 

Sementara itu, Koordiv SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Cirebon, Masyhuri Abdul Wahid mengatakan, Pilkada erentak 2024 tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat, sehingga KPU Kabupaten Cirebon mendorong, ke depan kolaborasi antara penyelenggara dengan unsur-unsur masyarakat maupun juga unsur-unsur pemerintahan bisa lebih intensif, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang memadai terkait dengan tahapan-tahapan yang ada di Pilkada.

 

"Kami dari KPU Kabupaten Cirebon sedang melakukan proses yang terus menerus, continue untuk masuk ke dalam agenda-agenda rutin masyarakat, baik yang berbasis budaya maupun yang lain sehingga capaian-capaian sosialisasi untuk pelaksanaan Pilkada bisa terlaksana, dan nanti muaranya akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat," kata Masyhuri. (sep)

Sumber: