Jangan Salah Pilih, 7 Cara Mengetahui Alpukat Matang Dengan Mudah dalam Sekejap

Jangan Salah Pilih, 7 Cara Mengetahui Alpukat Matang Dengan Mudah dalam Sekejap

Jangan Salah Pilih: 7 Cara Mengetahui Alpukat Matang Dengan Mudah dalam Sekejap-Foto: Pinterest.com-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID -Alpukat adalah salah satu buah yang populer dan kaya nutrisi. Namun, memilih Alpukat yang matang dan siap konsumsi bisa menjadi tantangan.

Salah memilih bisa membuat kamu kecewa saat memakannya.

Berikut adalah tujuh cara sederhana untuk mengetahui apakah alpukat kamu sudah matang atau belum.

Jangan Salah Pilih, 7 Cara Mengetahui Alpukat Matang Dengan Mudah dalam Sekejap

1. Perhatikan Warna Kulit

Salah satu cara paling mudah untuk menentukan kematangan alpukat adalah dengan melihat warna kulitnya. Alpukat yang matang biasanya memiliki warna gelap, terutama varietas Hass yang umum dijumpai.

Jika kulit alpukat masih hijau cerah, kemungkinan besar buah tersebut belum matang. Namun, perlu diingat bahwa beberapa varietas alpukat tetap hijau meski sudah matang.

2. Tekan Lembut

Menggunakan jari untuk menekan lembut alpukat adalah cara yang efektif untuk menguji kematangan. Jika buah memberikan sedikit tekanan dan terasa lembut, itu tkamunya alpukat sudah matang.

Namun, jika terlalu keras, berarti masih perlu waktu untuk matang. Hati-hati, jika terlalu lembut, kemungkinan besar buah sudah terlalu matang atau bahkan busuk.

3. Cek Batang

Bagian batang pada alpukat juga bisa memberikan petunjuk tentang kematangan. Cobalah untuk mencabut batang kecil di bagian atas.

Jika batangnya mudah dicabut dan bagian bawahnya berwarna hijau, itu menkamukan bahwa alpukat sudah matang. Jika bagian bawahnya berwarna cokelat, berarti alpukat mungkin sudah terlalu matang.

4. Lihat Bentuk dan Ukuran

Alpukat yang matang cenderung lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan ukuran yang lebih kecil. Jika kamu menemukan alpukat dengan bentuk yang bulat dan terlihat penuh, kemungkinan besar buah tersebut sudah matang. Hindari alpukat yang terlihat kecil dan kurus, karena biasanya itu pertkamu belum matang.

Sumber: