Nyatakan Siap Jadi Ketua KONI, Sandi: Olahraga Itu Identitas Daerah

Nyatakan Siap Jadi Ketua KONI, Sandi: Olahraga Itu Identitas Daerah

Sandi Wiranata nyatakan siap menjadi ketua KONI untuk memajukan olahraga di Kabupaten Cirebon. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Olahraga bisa menjadi identitas bangsa. Tidak hanya sekedar bersifat kompetitif dan prestasi saja. Sebut saja, seperti Brazil, Argentina yang telah identik dengan dunia sepak bola.

Untuk mewujudkannya, dibutuhkan manajemen yang baik. Itu disampaikan salah satu kontestan Bakal Calon Ketua KONI Kabupaten Cirebon, Sandi Wiranata ketika ditemui Rakyat Cirebon, belum lama ini.

"Bicara olahraga, itu harus bisa menjadi identitas suatu daerah. Jadi harus bisa dikelola dengan baik. Pembangunan di daerah, tidak hanya terfokus pada ekonomi, sosial, politik dan budaya saja. Tapi juga dari segi olahraganya," kata Sandi.

Sarana penunjang olahraga harus terpenuhi. Karena itu bisa menjadi tolak ukur sejauh mana perhatian pemerintah daerahnya. Ia mengaku prihatin, minimnya sarana olahraga yang dimiliki. Sehingga prestasi pun anjlok.

BACA JUGA: Dishub Layani Permintaan Keterbukaan Informasi dari Fokkopimmas, Asdullah: Tak Perlu Takut

Makanya, Sandi Wiranata mengaku terpanggil, untuk menakhodai KONI Kabupaten Cirebon.

Berbagai langkah pun akan diwujudkan Sandi ketika menduduki pucuk pimpinan KONI Kabupaten Cirebon. Seperti mewujudkan manajamen organisasi dan tata kelola KONI Kabupaten Cirebon yang akuntabel, bersih, sehat, dan berdaya saing.

"Demi mengangkat harkat dan martabat daerah dan bangsa Indonesia. Kemudian mengembangkan kultur pembinaan dan pelatihan olahraga prestasi yang baik, berjenjang, sistematis, dan berkesinambungan pada level klub di Kabupaten Cirebon," katanya.

Demi mendukung olahraga prestasi, sumber daya manusia (SDM) yang ada pun akan ditingkatkan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan tekhnologi keolahragaan. Kultur dan sistem kompetisi yang baik, berjenjang dan berkesinambungan pun akan diwujudkan.

Tak cuma itu, kesejahteraan insan olahraga yang berprestasi dan berdedikasi pun akan ditingkatkan. Menghindari loncatnya atlet ke luar daerah. Selain itu, peran serta dari pemerintah, akademisi, pelaku usaha, komunitas dan media massa pun akan ditingkatkan.

"Kerjasama dibidang keolahragaan kita tempuh dengan metode pentahelix," tuturnya.

Sebagai informasi ditahun ini Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Cirebon, akan digelar. Mengingat kepengurusan KONI periode sebelumnya sudah berakhir. Namun belakangan, muncul informasi ada perpanjangan sampai digelarnya Musorkab.

Hanya saja belum ada kepastian kapan dilaksanakan. Padahal rencana awal, Musorkab itu akan digelar di pertengahan Februari lalu. Nyatanya, lolos.

Beberapa nama pun digadang-gadang akan menghiasi perhelatan Musorkab.

Selain Sandi, ada Sutardi Raharja, Selly Andriyani Gantina serta H Hartono. Namun yang sudah mendeklarasikan diri akan maju yakni Sutardi Raharja dan Sandi. Keduanya siap bertarung dan mengkalim sudah mengantongi banyak dukungan dari pengurus cabang olahraga. (zen)

Sumber: