Surya Toserba Sumber Kabupaten Cirebon Terbakar, Rugi Ratusan Juta!

Surya Toserba Sumber Kabupaten Cirebon Terbakar, Rugi Ratusan Juta!

Surya Toserba Sumber Kabupaten Cirebon sebelum terbakar-Indah Tri Sutono-ISTIMEWA

CIREBON, RAKYATCIREBONDISWAY.ID - Telah terjadi kebakaran di Surya Toserba Sumber Kabupaten Cirebon, sebuah usaha milik PT. Surya Lestari Mandiri Cabang Sumber yang beralamat di Jalan Dewi Sartika No.3 Tukmudal Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Jumat, 19 Juli 2024.

Menurut keterangan warga yang berada di lokasi saat kejadian, api diketahui sekitar pukul 09.58, berasal dari gudang penyimpanan parsel dan barang lainnya.

Penyebab Surya Toserba Sumber Kabupaten Cirebon Kebakaran

Kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik yang mengenai bahan mudah terbakar, menyebabkan asap tebal dan semburan api hingga ke lantai atas.

Di tengah kepanikan warga, seorang wanita bernama Khosiah segera melaporkan kejadian Surya Toserba Sumber Kabupaten Cirebon kebakaran tersebut ke Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon melalui Sektor Sumber.

Setelah menerima laporan tersebut, satu regu pemadam kebakaran dari Sektor Sumber langsung menuju lokasi kebakaran (TKK).

Setibanya di TKK, petugas melihat asap hitam pekat di basement bangunan Surya Toserba dan segera melakukan pemadaman.

Untuk mengantisipasi ketersediaan stok air dan mencegah api merambat ke tempat lain, Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon mengirimkan satu unit armada dari sektor pemadam kebakaran Weru.

Dalam upaya pemadaman, petugas pemadam kebakaran menerjunkan dua unit pancar, satu unit suplai, serta satu mobil rescue/komando.

Beruntung dalam peristiwa kebakaran Surya Toserba Sumber tersebut api tidak sempat merembet ke bangunan lain. Hal ini terjadi berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran sehingga tidak ada korban jiwa.

Kabid Damkar Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, mengatakan bahwa peristiwa tersebut menimbulkan kerugian material berupa bahan-bahan pembuatan parsel serta bahan mudah terbakar lainnya.

"Beruntung jarak TKK tidak terlalu jauh dari Pusat Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, ditambah kesigapan petugas di semua sektor, sehingga api dapat segera dipadamkan," katanya.

Ia menambahkan, luas bangunan yang terbakar kurang lebih mencapai 35 m², sementara luas yang selamat adalah 2.965 m² dari total luas bangunan sekitar 3.000 m².

"Dari total yang terbakar, perusahaan mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai sekitar Rp 100 juta," pungkasnya.

Pihak yang terlibat dalam upaya penanganan kebakaran antara lain karyawan Surya Toserba Sumber, Bhabinsa Tukmudal, anggota Polres dan Polsek Sumber, Satgas Regu 3 Pemadam Kebakaran Sektor Sumber, serta Satgas Regu 3 Sektor Pemadam Kebakaran Weru, " pungkasnya.

Sumber: