DPUTR Segera Perbaiki Jalan Rusak

DPUTR Segera Perbaiki Jalan Rusak

RAKYATCIREBON.ID - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) bakal segera melakukan perbaikan di sejumlah ruas jalan. Rencananya perbaikan tersebut dilakukan mulai Sabtu (9/4). Tercatat ada beberapa ruas jalan yang menjadi perhatian DPUPR untuk pelaksanaan perbaikan. Anggaran untuk perbaikan sendiri berasal dari dana rutin APBD Kabupaten Kuningan.

Hal ini diungkapkan Kepala DPUTR, HM Ridwan Setiawan SH MSi  melalui Kabid Bina Marga, Tedy Sukmajayadi didampingi Budi Haryadi MT MT. Budi mengatakan perbaikan di jalan sudah mulai Sabtu, (9/4). Pihaknya menjamin bagi para pemudik tidak akan terganggu oleh kerusakan jalan. Ada empat ruas jalan yang segera diperbaiki demi kenyamanan masyarakat Kuningan yang pulang merantau.

“Kami sudah mengagendakan perbaikan rutin terutama di beberapa titik ruas jalan yang sering menjadi jalur alternatif. Ini untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik saat pulang kampung nanti. Setia[ ruas jalan yang diperbaiki, menjadi tanggung jawab tim yang sudah dibentuk,” terang Budi Haryadi.

Budi menerangkan ruas jalan yang akan diperbaiki rutin. Yakni Simpang Pasar Garawangi, Simpang Taraju-Kertawangunan, Subang-Selajambe, dan Jalan Lingkar Timur. Untuk pengerjaan perbaikan dimulai dari tanggal 9 sampai 25 April. DPUTR juga sudah membentuk empat tim melaksanakan perbaikan ruas jalan tersebut agar pengerjaan bias selesai sesuai jadwal.

“Perbaikan ini ebrasal dari anggaran rutin DPUTR. Memang belum semua ruas jalan yang mengalami kerusakan diperbaiki. Jadi kepada masyarakat untuk bersabar. Kemudian perbaikan juga dilakukan di ruas Padamenak-Japara. Saat ini material untuk perbaikan jalan sebagian sudah berada di lokasi. Tinggal alat berat saja dikirim ke lokasi perbaikan,” jelas Budi,

Terkait ruas jalan Caracas-Cibuntu yang berbatasan dengan Kabupaten Cirebon dari arah timur, Budi mengatakan jika ruas jalan itu akan diperbaiki namun bukan dari anggaran rutin melainkan dari rekanan melalui anggaran yang dialokasikan dari APBD Kabupaten Kuningan. Dia juga mafjum jika ruas jalan yang menjadi akses wisatawan dari arah Sindanglaut menuju objek wisata di Kabupaten Kuningan mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Ruas jalan ini akan dikerjakan oleh rekanan karena dianggarkan dari APBD Kabupaten Kuningan. Pokoknya semua akses jalan yang berhubungan dengan perbatasan serta jalan alternatif mudik menjadi prioritas utama perbaikan DPUPR,” ungkapnya.

Sedangkan keinginan perbaikan ruas jalan Caracas-Cibuntu segera dilakukan pemerintah, disuarakan Didi, salah seorang warga setempat. Dia melihat, kondisi jalan yang menghubungkan Kabupaten Kuningan dengan Cirebon itu saat ini kondisinya rusak parah. “Kalau akan diperbaiki oleh pemerintah, kami sangat bersyukur. Soalnya setiap tahun, ruas jalan ini selalu dipadati pengunjung yang akan menuju objek wisata di Kabupaten Kuningan. syukur-syukur kalau dihotmik ulang,” imbuhnya diamni Hanan, warga lainnya. (bud)

Sumber: