Gerakan Menanam Pohon, Ingin Lingkungan Stasiun Hijau

Gerakan Menanam Pohon, Ingin Lingkungan Stasiun Hijau

PENANAMAN POHON. Petugas SPKA melakukan penanaman pohon di lingkungan stasiun dalam rangka memperingati May Day 2022. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

 

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Peringatan Hari Buruh Internasional atau disebut May Day, adalah hari libur nasional di Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Mei.

Namun pada tahun 2022 ini, peringatan May Day berangkaian dengan momen Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada satu hari setelahnya, tanggal 2 Mei.

Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) mengisi peringatan May Day dengan berbagai acara simpatik. Mereka menyapa para petugas frontliner PT KAI yang sedang melaksanakan tugas di tengah arus mudik. Baik di stasiun maupun di depo pemeliharaan kereta serta lokomotif.

Selain itu, pada acara yang dihadiri Ketua Umum DPP SKPA, Edi Suryanto, Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Takdir Santoso, Ketua DPD SPKA Daop 3 Cirebon, Supriyatno hingga jajaran anggota SPKA Daop 3 Cirebon tersebut, SPKA juga melakukan penanaman pohon di sekitar Stasiun Cirebon hingga pembagian souvenir menarik kepada para penumpang arus balik Lebaran.

"Sosialisasi keselamatan KA di perlintasan sebidang, dan pemberian paket sembako kepada para petugas penjaga pintu perlintasan yang ada di Kota Cirebon, juga tak lupa menjadi rangkaian May Day oleh SPKA kita," ungkap Ketua Umum DPP SKPA, Edi Suryanto.

Pada penanaman pohon yang dilakukan, para petugas SPKA total menanam 20 pohon dari jenis Ketapang Kencana dan ditanam di Stasiun Cirebon.

"Hal ini bertujuan sebagai bagian kepedulian SPKA akan pentingnya kelestarian lingkungan, melalui gerakan penghijauan di lingkungan stasiun," lanjutnya.

Setelah menanam pohon, Edi bersama para anggota SPKA mengisi kegiatan dengan menghimbur para penumpang di Stasiun Cirebon. Mereka juga membagikan souvenir menarik seperti boneka, balon, mug kepada penumpang.

"Tambahan hadiah juga kita siapkan untuk penumpang cilik KA yang bisa membaca 5 surat Alquran, hadiahnya berupa Buku Album Sejarah Kereta Api," jelas dia.

Selain dapat menghimbur para penumpang KA, ditambahkan Edi, rangkaian kegiatan May Day juga diharapkan menjadi sarana dalam mengedukasi masyarakat terutama anak-anak, agar peduli dan ikut berpartisipasi aktif dalam menyelamatkan perjalanan kereta api di kemudian hari.

Mengingat May Day kali ini bertepatan dengan arus mudik, setelah menyapa penumpang, para petugas SPKA juga mengunjungi pos penjagaan perlintasan di sekitar Kota Cirebon untuk memberikan semangat serta motivasi. Agar para pegawai PT KAI terus bersemangat dan fokus ketika melaksanakan tugas. Terlebih melayani penumpang pada masa arus mudik.

"Saat ini di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon telah memasuki masa arus balik. Sehingga lonjakan jumlah penumpang pun terjadi. Kita dalam rangka peringatan May Day 2022, mengajak kepada para penumpang KA agar selalu berdisiplin mematuhi protokol kesehatan. Sehingga mudik tahun ini, dapat terwujud dengan aman, lancar, sehat dan nyaman. Untuk melayani para penumpang KA selama mudik, 1.300 pegawai PT KAI Daop 3 Cirebon tidak diperbolehkan cuti selama masa Posko Angkutan Lebaran," tambah Edi. (sep)

 

Sumber: