Isi Kekosongan Sejumlah Posisi, Bupati Lantik 71 Pejabat

Isi Kekosongan Sejumlah Posisi, Bupati Lantik 71 Pejabat

ROTASI DAN MUTASI. Bupati Majalengka memasangkan pin kepada pejabat yang dilantik, di gedung Yudha Abdi Negara Setda Majalengka, Senin (1/8).--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Dalam rangka mengisi sejumlah kekosongan posisi dalam pemerintahan akibat sejumlah pejabat yang purnabakti, Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd kembali melakukan rotasi dan mutasi sekaligus melantik 71 pejabat baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, termasuk beberapa diantaranya dipromosikan ke Eselon II.

Rotasi dan mutasi dalam pemerintahan menurut bupati merupakan hal yang biasa, yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Menyusul sejumlah posisi jabatan yang kosong karena adanya beberapa pejabat yang pensiun atau dimutasi ke posisi lainnya.

Dalam perjalanannya, mutasi maupun rotasi yang dilakukan, sudah melalui tahapan dan proses verifikasi. Bahkan sudah melakukan seleksi ketat terhadap nama-nama pejabat yang memenuhi kualifikasi untuk mengisi kekosongan maupun mengganti pejabat structural, disesuaikan dengan potensi pejabat yang bersangkutan.

“Dalam melaksanakan tugas dan jabatan baru, masing-masing pejabat harus dituntut lebih baik dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi serta diimbangi dengan rasa tanggung jawab,” jelasnya usai pelantikan yang digelar di gedung Yudha Abdi Negara, Senin (1/8).

Pada kesempatan itu, Karna juga mengingatkan khususnya kepada para camat yang baru dilantik agar bisa terjun langsung ke tengah masyarakat dalam semua kegiatan. Sehingga para camat bisa langsung menyerap seluruh aspirasi yang ada di tengah masyarakat. Selain itu mereka harus fokus dalam bekerja guna membangun masyarakat Majalengka yang Raharja.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Majalengka Maman Faturohman mengakui jika saat ini memang di kabupaten Majalengka ada beberapa pos jabatan eselon II yang masih kosong sehingga perlu segera diisi. Termasuk beberapa pos jabatan lain yang perlu adanya penyegaran sehingga perlu rotasi.

“Sebelumnya kami sudah melaporkan kekosongan jabatan tersebut kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), setelah itu baru melakukan open bidding untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut,” tambahnya.

Dalam rotasi dan mutasi kali ini ada beberapa pejabat yang dipromosikan menjadi eselon II atau kepala dinas. Diantaranya H Agus Susanto SSos MSi, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan kini menjabat sebagai kepala Dinas Kesehatan.

Kemudian Rachmat Kartono SSTP MSi yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Prokompim, kali ini dipercaya menakhodai Satpol PP. Sementara Andik Sujarwo AP MP yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Kertajati dipromosikan menjadi Kepala DP3AKB menggantikan Drs H Nasrudin MMPd. (pai)

 

Sumber: