Dispora Kabupaten Cirebon Fasilitasi Prestasi Karateka

Dispora Kabupaten Cirebon Fasilitasi Prestasi Karateka

PRESTASI. Kadispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin (tiga dari kanan) menghadiri pembukaan Kejuaraan Karate Open Piala Dispora Kabupaten Cirebon, di GOR Ranggajati Sumber, Sabtu 3 Agustus 2024.--

RAKCER.DISWAY, CIREBON - Sedikitnya 400 karateka ikut memeriahkan Kejuaraan Karate Open Piala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Cirebon 2024, di GOR Ranggajati Sumber, Sabtu-Minggu, 3-4 Agustus 2024. Kejuaraan ini merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya mencari dan mengembangkan potensi atlet karate di Kabupaten Cirebon.

 

Turnamen Karate Open Piala Dispora Kabupaten Cirebon 2024 diikuti sembilan dojo. Kompetisi ini menyajikan pertarungan 400 atlet di nomor kata dan kumite yang berasal dari berbagai kelompok usia, mulai dari usia dini hingga U-21.

 

Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, H Ikin Asikin SSos MSi menjelaskan bahwa Kejuaraan Karate Open Piala Dispora Kabupaten Cirebon 2024 adalah bagian dari upaya sistematis untuk memperbaiki dan meningkatkan pembinaan atlet karate. Dia juga berharap bahwa kejuaraan ini dapat menghasilkan karateka-karateka berbakat yang akan menjadi atlet unggulan di masa depan.

 

BACA JUGA:Kabupaten Cirebon Juara Umum Popwilda 2024

 

“Proses pembinaan yang kami lakukan bertujuan untuk mencetak karateka profesional yang berprestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Kami juga berharap kejuaraan ini bisa memotivasi pelatih dan pembina untuk terus bersemangat dalam melatih dan mengembangkan atlet,” ujar Ikin dalam sambutannya saat membuka acara di GOR Ranggajati Sumber, Sabtu 3 Agustus 2024.

 

Ikin menambahkan bahwa pencapaian prestasi yang diharapkan memerlukan usaha dan kerja keras yang tidak hanya bersifat moral tetapi juga material. Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon berkomitmen mendukung kejuaraan ini, sebagai langkah strategis untuk mencapai target-target dalam pembinaan dan prestasi atlet.

 

“Harapan kami adalah agar kejuaraan ini dapat menjadi agenda tahunan yang rutin. Kami juga berencana untuk menyelenggarakan event yang lebih besar lagi pada tahun 2025,” tuturnya.

 

Ikin yakin bahwa kejuaraan karate ini akan mampu mencetak atlet-atlet yang dapat mengharumkan nama baik keluarga, sekolah, dojo, serta Kabupaten Cirebon hingga tingkat provinsi dan nasional.

 

Dia juga mengingatkan agar semua pihak, termasuk atlet, orang tua atlet, pelatih, dan wasit, untuk selalu mengedepankan sportivitas. Ikin berharap karateka yang berkompetisi di Karate Open Piala Dispora Kabupaten Cirebon 2024 dapat mengikuti jejak para atlet nasional yang telah berprestasi.

 

BACA JUGA:Wakili Jawa Barat, Nina Agustina Siap Menembak di PON XII Aceh-Sumut

 

“Nantinya, pada ajang Porkab Cirebon yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 25 Agustus, akan ada juga kompetisi karate. Dari sana, kami akan mendata semua atlet di Kabupaten Cirebon, termasuk karateka,” tambah Ikin.

 

Hal senada disampaikan Analis Kebijakan Ahli MudaBidang Olahraga Dispora Kabupaten Cirebon, Sukawi MPd. Dia berharap bahwa Karate Open ini dapat mencetak atlet-atlet berbakat yang akan menjadi masa depan Kabupaten Cirebon.

 

“Mudah-mudahan kerja sama dengan Forki (Federasi Karate-Do Indonesia) dan Dispora mendapatkan hasil juara dari semua kelompok usia, baik anak-anak maupun dewasa,” ungkap Sukawi.

 

Sementara itu, kontingen Cirebon Katon menjadi juara umum dengan raihan 20 medali emas, 27 medali perak dan 20 medali perunggu. Sementara kontingen Forki Kota Cirebon di peringkat kedua dengan catatan 13 emas, 4 perak dan 8 perunggu. Forki Kabupaten Cirebon di urutan ketiga setelah meraih 12 emas, 4 perak, dan 12 perunggu. *

Sumber: